1.
Latar
Belakang Penyelenggaraan Komunikasi dengan Pasar
Komunikasi merupakan
hal yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Dengan
berkomunikasi kita dapat melakukan hal apa saja termasuk berbisnis. Pada
dasarnya komunikasi terbagi menjadi dua macam yaitu komunikasi verbal dan
komunikasi non verbal. Dalam dunia bisnis komunikasi yang digunakan pun sama
yaitu komunikasi verbal dan non verbal. Walaupun bentuk komunikasinya berbeda
tapi tujuannya tetap sama yaitu untuk penyampaian dan pengiriman pesan.
seiring perkembangan
zaman alat komunikasipun semakin berkembang. Perkembangan tekhnologi yang
muktahir khususnya dibidag komunikasi semakin membuat pelaku bisnis semakin
kompetitif dalam menyampaikan informasinya baik secara langsung maupun tidak
langsung. Tidak bisa dipungkiri bahwa komunikasi mempunyai peranan penting
dalam bisnis sebab produk barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan,
lembaga, organisasi ata bidang bisnis lain tanpa adanya komunikasi yang baik,
teratur dan lancar produk barang atau jasa yang dihasilkan akan mengalami hambatan
bahkan tidak akan berkembang. Contoh suatu perusahaan yang bergerak di bidang
fashion akan berkembang apabila produk yang dihasilkan perusahaan tersebut
dipromosikan melalui internet seperti facebook atau twitter. Sebaliknya
jika perusahaan tersebut tidak menggunakan alat komunikasi dalam dunia bisnis
masyarakat tidak ada yang mengenal produk tersebut dan bisa jadi perusahaan
tersebut tidak berkembang.
2.
Konsep
Dasar dan Peranan Komunikasi
Komunikasi merupakan
aktivitas dasar manusia. Dengan berkomunikasi, manusia dapat saling berhubungan
satu sama lain baik dalam kehidupan sehari-hari di rumah tangga, di tempat
pekerjaan, di pasar, dalam masyarakat atau di mana saja manusia berada.
Pentingnya komunikasi bagi manusia tidaklah dapat dipungkiri begitu juga halnya
bagi suatu organisasi atau perusahaan. Untuk itu supaya komunikasi dapar
berjalan lancar perlu diketahui konsep dasar komunikasi, yaitu :
a. Definisi Komunikasi
b. Model Komunikasi
c. Prinsip-prinsip komunikasi
A.
Definisi Komunikasi
Pengertian komunikasi
sudah banyak didefinisikan oleh orang. Dari banyak pengertian tersebut dapat
disimpulkan bahwa komunikasi mengacu pada tindakan, oleh satu orang atau lebih,
yang mengirim dan menerima pesan yang terdistorsi oleh gangguan (noise),
terjadi dalam suatu konteks tertentu, mempunyai pengaruh tertentu, dan ada
kesempatan untuk melakukan umpan balik.
B.
Model Komunikasi
model komunikasi
adalah gambaran yang sederhana dari proses yang memperlihatkan kaitan antara
satu komponen komikasi dengan komponen lainnya.
1. Model Lasswell
2. Model Shannon
C.
Prinsip-Prinsip
Komunikasi
Memahami
prinisip=prinsip komunikas sangat penting agar lebih mengetahui segala bentuk
dan fungsi komunikasi.
1. Komunikasi adalah paket isyarat
2. Komunikasi adalah proses penyesuaian
3. Komunikasi Mencakup Dimensi Isi Dan Hubungan
4. Komunikasi Melibatkan Transaksi Simetris dan Komplementer
5. Rangkaian Komunikasi Dipunkuasi
6. Komunikasi Tak Terhindarkan
7. Komunikasi Bersifat Tak Reversibel
v
Peranan
Komunikasi
Peranan komunikasi
sangat penting untuk kehidupan sehari-hari dalam melakukan kontak baik individu
maupun kelompok. Tanpa disadari proses komunikasi sudah terjadi sejak seseorang
dilahirkan. Proses penyampaian pesan pada umumnya dilakukan dengan lisan
(verbal) namun dapat pula dilakukan hanya dengan melalui gerakan tubuh (non
verbal). Dengan berkomunikasi kita dapat menyampaikan pesan yang dimaksud untuk
siapa dan seperti apa pesan itu disampaika. Tanpa adanya komunikasi orang tidak
akan mengetahui maksud dari hal yang ingin kita sampaikan. Oleh karena itu
peranan komunikasi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar