Pengertian Perencanaan Usaha
Apa perencanaan usaha (business plan) itu? Untuk memahaminya, terlebih
dahulu kita pahami arti istilah usaha dan arti istilah perencanaan.
Dalam pengertian ekonomi, usaha atau bisnis adalah semua kegiatan yang
dilakukan oleh individu maupun kelompok individu yang dilaksanakan
secara legal dengan menggunakan dan mengkombinasikan sumberdaya atau
faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang dan/atau jasa bagi
masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh manfaat finansial, yaitu laba
bisnis atau laba usaha (business profit).
Perencanaan adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan pemilihan
visi, misi dan tujuan, strategi, kebijakan, prosedur, aturan, program
dan anggaran. Dari kedua pengertian di atas sekarang dapat didefinisikan
arti perencanaan usaha yaitu sebagai proses penentuan visi, misi dan
tujuan, strategi, kebijakan, prosedur, aturan, program dan anggaran yang
diperlukan untuk menjalankan suatu usaha atau bisnis tertentu. Jadi
dalam perencanaan usaha terkandung adanya:
1) Visi, yaitu cita-cita masa depan perusahaan yang akan melakukan usaha tersebut.
2) Misi adalah maksud khas atau unik dan mendasar yang membedakan
perusahaan dengan perusahaan lain serta mengidentifikasikan ruang
lingkup kegiatan usaha/perusahaan yang bersangkutan.
3) Tujuan adalah hasil yang ingin dicapai dari usaha/perusahaan tersebut.
4)Strategi adalah cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan usaha dengan
melibatkan semua sumberdaya atau faktor produksi yang dimiliki. Dalam
dunia bisnis dikenal beberapa strategi yang biasa diterapkan perusahaan
sebagai berikut:
(1) Defender, strategi bisnis yang diarahkan untuk meraih dan mempertahankan pasar pada segmen sempit dari seluruh pasar
potensial yang ada.
(2) Prospector, strategi bisnis yang diarahkan secara agresif untuk
meraih pasar seluas-luasnya melalui inovasi produkproduk baru.
(3) Analyzer, strategi bisnis yang dijalankan melalui imitasi, yaitu
meniru apa yang dilakukan prospektor. Strategi bisnis seperti ini
bertujuan meraih keuntungan dengan meminimalkan risiko.
(4) Kepemimpinan dalam biaya (cost-leadership strategy), strategi bisnis
yang diarahkan untuk meraih pasar seluasluasnya melalui harga produk
yang semurah-murahnya.
(5) Diferensiasi (differentiation strategy), strategi bisnis yang
diarahkan untuk meraih pasar seluas-luasnya melalui keunikan produk yang
dihasilkan. Keunikan tersebut bisa dicirikan oleh kualitas yang tinggi,
pelayanan yang prima, maupun rancangan produk yang inovatif.
(6) Fokus (focus strategy), strategi bisnis yang diarahkan dalam segmen
pasar yang sempit yang dijalankan melalui fokus dalam kepemimpinan biaya
(cost focus) atau fokus dalam diferensiasi (differentiation focus).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar